Kamis, 18 November 2010

tugas SIM

I. SUBSISTEM SIM


SIM (Sistem Informasi Manajemen)adalah Suatu Sistem Informasi Komputer yang menyediakan INFORMASI bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa.Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersedia dalam bentuk laporan periodic, laporan khusus dan output dari simulasi matematika. Output informasi digunakan oleh manajer maupun non-manajer dalam perusahan saat membuat keputusan untuk memecahkan masalah.

1. Sistem Informasi Keuangan

Dalam Informasi Keuangan SIM berfungsi menyediakan informasi mengenai arus uang bagi para pemakai diseluruh perusahaan dalam masalah input output keuangan.Selain itu dalam sisitem informasi akutansi menyediakan data input bagi aplikasi keuangan dan membantu dalam menyediakan data dan informasi internal dengan penelitian khusus yang dilakukan auditor terkenal.Intelejen keuangan bertugas mengumpulkan informasi dari elemen – elemen lingkungan yang mempengaruhi arus uang masyarakat keuangan, pemegang saham dan pemilik serta menyiapkan anggaran operasi tahunan dan kemudian menyediakan informasi umpan balik kepada manajer sehingga mereka dapat memantau biaya actual dibandingkan dengan anggaran.

2. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Dalam Sumber Daya Manusia SIM berfungsi menyediakan informasi mengenai sumber daya manusia dalam perusahaan SDM bertanggung jawab membawa personil dan lingkungan ke perusahaan,menyediakan data yang berhubungan dengan personil perusahaan, Tanggung jawab untuk semua atau sebagian aplikasi gaji perusahaan. Data keuangan dikombinasikan dengan data non-keuangan untuk menyajikan gambaran lengkap dari sumber daya personil perusahaan,penelitian khusus mengenai pekerjaan – pekerjaan perusahaan, mengetahui perkembangan terakhir dari berbagai pengaruh lingkungan yang mempengaruhi arus personil sumber daya manusia,melibatkan semua kegiatan yang memungkinkan manajemen untuk mengidentifikasi kebutuhan pegawai dimasa dating,menelusuri lamaran – lamaran kerja sebelum dipanggil ( perusahaan membawa pegawai baru kedalam organisasi melalui subsistem perekrutan ).Dalam hal jumlah aplikasi, ini merupakan subsistem terbesar dengan 7 aplikasi seperti : penilaian kerja, pelatihan, pengendalian posisi, relokasi, keahlian/kompetensi, suksesi dan pendisiplinan.

3. Sistem Informasi Jasa Informasi

Dalam jasa Informasi SIM berfungsi menyediakan informasi mengenai hal-hal yang di gunakan dan diberikan oleh suatu perusahaan serta memberikan informasi tentang jasa yang diberikan oleh suatu perusahaan kepada masyarakat

4. Sistem Informasi Manufaktur

Dalam manufaktur SIM berfungsi menyediakan informasi untuk digunakan dalam pemecahan masalah manufaktur,menyediakan data input bagi aplikasi manufaktur,menjelaskan operasi manufaktur internal,menyediakan data dan informasi mengenai 2 elemen dalam lingkungan perusahaan-pemasok dan serikat buruh,mengukur proses produksi dalam hal waktu,menelusuri arus kerja dari langkah satu ke langkah berikutnya,mengukur volume kegiatan produksi saat persedian diubah dari bahan mentah menjadi barang dalam proses dan akhirnya barang jadi, mengukur kualitas bahan,memeriksa kualitas bahan mentah saat diterima dari pemasok, pemeriksaan mutu dilakukan pada berbagai titik dalam prposes produksi, dan pemeriksaan terakhir dilakukan pada barang jadi dan menghitung biaya yang dibutuhkan selama proses produksi.

5. Sistem Informasi Pemasaran

Dalam pemasaran SIM berfungsi menyediakan Informasi untuk memecahkan masalah Pemasaran Perusahaan,menyediakan catatan penjualan yang terinci yang dapat menjadi dasar bagi laporan periodic dan khusus atau model matematika,mengumpulkan data mengenai segala aspek operasi pemasaran penjualan terutama aspek – aspek yang berkaitan dengan pelanggan atau calon pelanggan,mengumpulkan data dan informasi mengenai pesaing usaha, memberitahukan manajer mengenai penjualan langsung,periklanan,dan semua informasi mengenai harga produk tertentu serta memungkinkan manajer mengembangkan strategi pemasaran.

II. JELASKAN PENGERTIAN

1. SIA

Sistem informasi akuntansi (SIA) merupakan suatu kerangka pengkordinasian sumber daya (data, meterials, equipment, suppliers, personal, and funds) untuk mengkonversi input berupa data ekonomik menjadi keluaran berupa informasi keuangan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan suatu entitas dan menyediakan informasi akuntansi untuk pihak-pihak yang berkepentingan.

Tugas utama sistem informasi ini adalah:

•Pengumpulan,data
•Manipulasi,data
•Penyimpanan,data
•Menyediakan dokumen

2. SIM

Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem berbasis database komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa. Para pemakai biasanya membentuk suatu entitas formal perusahaan atau subunit dibawahnya.

3. DSS

Decision Support System (DSS) / Sistem Pendukung Keputusan adalah upaya pemecahan masalah yang diambil seseorang untuk menghindari atau mengurangi dampak negative serta memanfaatkan peluang yang ada.

Tujuan DSS :
• Membantu manajer membuat keputusan untuk pemecahan masalah semi terstruktur.
• Mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya.
• Meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan manajer dari pada efisiensinya.

Keputusan terbagi menjadi:
• Keputusan terprogram, bersifat berulang dan rutin.
• Keputusan tak terprogram, bersifat baru dan tidak terstruktur, tidak ada metode pasti untuk menanganinya karena belum pernah terjadi sebelumnya.
Manajer melakukan empat tahap pengambilan keputusan, yaitu:
• Kegiatan Intelejen, mengamati lingkungan untukmencari kondisi yang perlu diperbaiki.
• Kegiatan Merancang, menemukan, mengembangkan, dan menganalisis berbagai alternatif tindakan yang mungkin.
• Kegiatan Memilih, memilih salah satu rangkaian tindakan diantara alternatif.
• Kegiatan Review, menilai pilihan-pilihan yang lalu.

4. OA

Office Automation (OA)/Automasi Kantor adalah semua sistem elektronik formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang –orang didalam maupun diluar perusahaan.

Tujuan OA
• Menghindari Biaya, komputer tidak dapat menggantikan pegawai saat ini, tetapi setidaknya menunda penambahan poegawai yang diperlukan untuk menangani penambahan beban kerja,
• Pemecahan Masalah kelompok, memberikan kontribusi untuk komunikasi antar manajer
• Pelengkap

Pengguna OA dibagi menjadi empat kategori yaitu:
• Manajer, yang bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya perusahaan.
• Profesional, tidak mengelola tetapi menyumbangkan keahlian khusus yang membedakan mereka dengan sekretaris dan pegawai administrasi.
• Sekretaris, ditugaskan untuk membantu pekerja terdidik (Manajer & Profesional) untuk melaksanakan berbagai tugas korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
• Pegawai Administrasi, melaksanakan tugas-tugas untuk sekretaris, seperti mengioperasikan mesin fotokopi, menyususn dokumen, menyimpan dokumen, dan mengirim surat.

5. ES

Expert System (ES)/Sistem Pakar adalah sebuah sistem informasi yang memiliki intelegensia buatan (Artificial Intelegent) yang menyerupai intelegensia manusia.

Karakteristik Sistem Pakar
• Memiliki kemampuan belajar atau memahami masalah dari pengalaman.
• Memberikan tanggapan yang cepat dan memuaskan terhadap situasi baru.
• Mampu menangani masalah yang kompleks (semi terstruktur).
• Memecahkan masalah dengan penalaran.
• Menggunakan pengetahuan untuk menyelasaikan masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar